Universitas dengan jurusan Perhotelan terbaik di Indonesia

Jurusan pariwisata memang nggak sepopuler jurusan lainnya seperti kedokteran dan hukum. Namun kamu tahu nggak, sih, jika lulusan dari jurusan ini termasuk yang paling sering dicari? Jumlah tenaga ahli yang nggak berimbang dengan banyaknya potensi pariwisata di Indonesia, akhirnya hanya membuat tempat-tempat cantik nan potensial nggak dimanfaatkan dengan baik.

 5 rekomendasi universitas pariwisata dan perhotelan di bawah ini, ya.

1. Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Bandung (STPIB)

Image result for stp bandung
Perguruan tinggi yang dinaungi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi ini telah berdiri sejak tahun 1959. STPIB memiliki lokasi yang sangat strategis yaitu di Jalan Dr. Setiabudhi 189, Bandung 40141. Oleh karena itu, sangat mudah menemukan kampus yang sering disebut dengan Enhaii Bandung ini.

Di kampus ini, tersedia 3 jurusan yang bisa kamu pilih, yaitu jurusan Hospitality, Kepariwisataan dan Perjalanan. Ketiga jurusan tersebut masih dibagi lagi ke dalam 3 program studi. Pembagiannya bisa dilihat di bawah ini, ya.

Hospitality
S1 Studi Akomodasi dan Katering (SAK)
D4 Administrasi Hotel (ADH)
D3 Manajemen Divisi Kamar (MDK)
D3 Manajemen Tata Hidang (MTH)
D3 Manajemen Patiseri (MPI)

Kepariwisataan
S1 Studi Destinasi Pariwisata  (SDP)
D4 Manajemen Destinasi Pariwisata (MDP)
D4 Manajemen Bisnis Pariwisata (MBW)

Perjalanan
S1 Studi Industri Perjalanan (SIP)
D4 Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP)
D4 Manajemen Bisni Konvensi dan Event (MBK)
D4 Manajemen Pengaturan Perjalanan (MPP)

2. Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta
Sekolah Tinggi yang terletak di kota yang terkenal akan pariwisata dan pendidikannya ini memang memiliki potensi yang sangat bagus. Fasilitas yang disediakan pun, nggak kalah menarik, lho. Memiliki desain bangunan tradisional dan dilengkapi dengan berbagai macam laboratorium seperti lab Bahasa, Kitchen and Pastry, Restaurant, Bar, Komputer, Housekeeping, serta musik studio dan alat musik gamelan lengkap, dijamin akan membuat kamu lebih semangat belajar.

Di sini kamu bisa memilih 4 jurusan dengan berbagai tingkatan, mulai dari S1, D3 dan D4 dengan rincian sebagai berikut.

S1 Pariwisata (Akreditasi B)
D3 Perhotelan (Akreditasi B)
D4 Administrasi Hotel (Akreditasi A)
D3 Manajemen Bisnis Perjalanan (Akreditasi B)

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid (STP Sahid)
Image result for stp sahid
Sekolah tinggi yang terletak di Surakarta ini menawarkan program pendidikan formal dan non-formal dengan berbagai jurusan dan berbagai jenjang pendidikan, yaitu Diploma 1, 3, dan 4.

D4 Sarjana Terapan Perhotelan (S.Tr.Par)
D3 Ahli Madya Perhotelan (A.Md.Par)
D1 Ahli Pratama Perhotelan (A.P.Par)
D4 Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par)
D3 Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par)
D1 Ahli Pratama Pariwisata (A.P.Par)

Fasilitas yang disediakan STP Sahid ini juga bisa dikatakan yang terbaik. Hal itu dikarenakan STP ini memiliki fasilitas cukup lengkap, seperti laboratorium Kitchen, Pastry, Restaurant, Housekeepin, Front Office, Library, Auditorium, Travel Bus, dan lain-lain.
Related image
4. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Buat kamu yang berdomisili di Jakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti ini bisa dijadikan pilihan. Telah berdiri selama lebih dari 45 tahun, STP Trisakti juga menjadi yang pertama dalam menyelanggerakan pendidikan Diploma 4 untuk jurusan Pariwisata. Untuk pemilihan jurusan sendiri, STP Trisakti memiliki pilihan berbagai jenjag penididikan, bahkan tersedia hingga S2, lho. Ada D1 Perhotelan, D3 Perhotelan, D4 Perhotelan, D4 Usaha Perjalanan Wisata, S1 Perhotelan dan Pariwisata, juga S2 Pariwisata.

Fasilitas yang dimiliki STP Trisakti ini juga sangat lengkap, di antaranya adalah laboratorium komputer dengan 3 program aplikasi (Windows, Maxial dan Galileo), 3 lab Simulasi Kantor Depan Hotel, 5 model Laboratorium Housekeeping, 2 Bar dan Restaurant, 2 Stewarding, 1 Store Room, Biro Perjalanan Pariwisata, Airline Counter dan Ruang Cargo.

5. Sekolah Tinggi Pariwisata Universitas Pelita Harapan
Image result for stp pelita harapan
Sekolah Tinggi Pariwisata UPH hanya menyediakan 2 jurusan, yaitu Manajemen Perhotelan dan Usaha Wisata. Namun, jangan khawatir, meski hanya ada sedikit pilihan, STP UPH adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Buktinya, STP ini berhasil menyabet akreditasi A dan meraih juara 1 Making Bed di The Soul of Nation dan Certificate of Appreciation for the Best Paper, ICGTD 2016. Selain itu, jurusan usaha wisata juga berhasil memenangkan kompetisi Pariwisata Indonesia 7, lho.

Adapun fasilitas yang tersedia, baik di jurusan Manajemen Perhotelan dan Usaha Wisata adalah sebagai berikut.

Manajemen Perhotelan
Kitchen Laboratory
Pastry Kitchen
Fine Dining Restaurant
Laboratorium Sistem Reservasi Galileo
Front Office Counter

Usaha Wisata
Travel Counter Simulation Room
Guiding Simulation Room
Laboratorium Sistem Reservasi Galileo
Tour Bus

Itulah kelima universitas yang direkomendasikan, jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan pariwisata dan perhotelan di Indonesia. Semoga informasi tersebut bisa membantu, ya.

0 Response to "Universitas dengan jurusan Perhotelan terbaik di Indonesia"

Posting Komentar

Prospek Kerja Lulusan Perhotelan

6 Peluang Kerja/Prospek Kerja Jurusan Perhotelan  Perlu di ketahui bersama bahwa di Indonesia ini jurusan yang paling populer adala...