Housekeeping
A.Tugas dan Tanggung Jawab.
Housekeeping berasal dari kata house yang bearti rumah, wisma, hotel, dan to keep yang bearti merawat atau memelihara. Jadi housekeeping adalah bagian atau departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya.Housekeeping departement adalah bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan kamar (guest room), ruangan umum, restauran, bar, outlet lainnya.
Housekeeping departemen, bagi sebagian besar hotel, merupakan sumber pendapatan hotel yang paling besar. Karena tamu yang menginap tentu mengeluarkan uang lebih banyak untuk sewa bila dibandingkan dengan uang yang harus dibayarkannya untuk makan dan minum serta pengeluaran yang lain. Sebagai sumber pendapatan, housekeeping department harus ditangani oleh tenaga-tenaga trampil dan professional.
Fungsi housekeeping dalam hotel sangat penting. Kelancaran penyiapan dan pemeliharaan kebersihan kamar ditentukan oleh housekeepingoleh karena itu maka housekeeping harus di perhatikan dengan baik agar para tamu betah tinggal di hotel.
Tanggung Jawab bagian housekeeping meliputi area :
1. Ruang tamu (guest room)
2. Gang ( corridor)
3. Restauran dan banquet ( restaurant and banquet hall)
4. Ruang kantor ( office )
5. Locker karyawan ( employee Locker)
6. Toilet karyawan ( Toilet locker )
7. Toilet tamu ( guest toilet )
Tugas bagian Housekeeping adalah sebagai berikut :
1. Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
2. Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel.
3. Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar.
4. Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di hotel.
B. Sasaran
Beberapa sasaran housekeeping adalah :
1. Bersih
Kebersihan di suatu ruangan dan kamar tamu di hotel sangat menentukan. Bila kebersihan terjaga maka tamu menjadi tenang karena sanitasi dan hygiene terjamin. Inilah langkah pertama tamu dalam menilai suatu hotel.
2. Menarik
Dengan dasar kebersihan pada suatu ruangan dan ditunjang dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi maka ruangan akan menjadi menarik.
3. Nyaman
Lingkungan dan ruangan suatu hotel yang bersih, menarik, dan tenang dengan pelayanan yang memuaskan akan membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal atau berkunjung kembali ke hotel.
4. Aman
Faktor penting yang selalu didambakan pengujung atau tamu yaitu keamanan. Keamanan tamu selama selama berkunjung atau menginap di hotel meliputi keamanan pribadi dari kecurian, kebakaran, dan bahaya dari peralatan hotel.
Untuk menjangkau seluruh area tersebut, housekeeping department dibagi menjadi beberapa seksi :
1. Seksi kamar ( Room section / Floor section)
Seksi ini bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar tamu. Dalam beberapa hotel, penganturan tanggung jawab floor ini termasuk kepada area corridor setiap lantai.
Petugas yang berada didalam seksi ini adalah :
a. Floor housekeeper atau floor section manager
b. Floor supervisor
2. Seksi area umum ( Public area section / Houseman section)
Seksi ini bertanngungjawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan area-area dan fasilitas umum yang ada di hotel. Fasilitas itu antara lain :
a. Lobby area
b. Public toilet
c. Restaurant
d. Bar
e. F&B outlet
f. Meeting / conference room
g. Ballroom
h. Bussiness center
i. Fitness & Health center
j. Swimming pool
k. Parking area
l. Outdoor and in door garden
m. Guest lift
n. Back office
o. Locker room
p. Employee corridor
q. Canteen
Petugas yang berada didalam seksi ini adalah :
1. Public area housekeeper atau public area manager
2. Public area supervisor atau houseman supervisor
3. Public area attendant atau houseman
4. Toilet anttendat
5. Night cleaner
6. Gardener
7. florist
Seksi ini bertanngungjawab dalam hal penanganan dan penyediaan jasa pencucian dan pemeliharaan baik untuk guest laundry, maupun house laundry dan uniform. Guest laundry adalah pakaian tamu, sedangkanhouse laundry adalah linen yang digunakan oleh housekeeping mau pun department lain seperti banquet service, fb service maupun penangananuniform untuk seluruh karyawan hotel. Dalam beberapa hotel, laundryjuga melakukan penanganan untuk jasa outside laundry, baik individu maupun untuk usaha jasa hotel, restoran, pabrik dan sebagainya yang merupakan revenue tambahan bagi laundry.
Petugas yang berada dibawah seksi ini adalah :
1. Laundry manager
2. Assistant laundry manager
3. Laundry supervisor ( guest and house laundry supervisor)
4. Valet
5. Washer
6. Presser
7. Ironer
8. Marker
9. checker
4. Seksi linen dan pakaian seragam ( linen and uniform section)
Seksi ini bertanngungjawab terhadap penyediaan, penangganan, penyimpanan dan pemeliharaan linen yang digunakan oleh departemen – department terkait, floor section, banquet, food and beverage servicedan uniform seluruh karyawan hotel.
Petugas-petugas yang berada didalam seksi ini adalah :
1. Linen and uniform supervisor
2. Linen supervisor
3. Uniform supervisor
4. Linen attendant
5. Uniform attendant
6. Tailor / seamstress
C. Hubungan Housekeeping dengan Bagian lain.
1. Hubungan Housekeeping dengan Front Office.
Hubungan Housekeeping dengan Front Office dibagi menjadi 2 hal, yaitu dari pihak housekeeping dan dari pihak front office.
Dari pihak Housekeeping dilakukan hal-hal berikut :
a. Laporan status kamar (room report).
b. Laporan mengenai kehilangan barang-barang milik hotel yang dibawa tamu.
c. Laporan mengenai penemuan barang-barang milik tamu yang tertinggal di kamar sesudah tamu berangkat / check out.
d. Front office memberi informasi kepada housekeeping bahwa ada tamu yang segera masuk / check in, sehingga housekeeping akan menyiapkan kamar untuk tamu tersebut.
Dari pihak Front Office meliputi hal-hal berikut :
a. Mengirimkan daftar penghunian kamar setiap pagi.
b. Mengirimkan daftar kamar-kamar yang akan ditempati oleh tamu, meliputi tamu perorangan, tamu rombongan, atau tamu VIP.
c. Memberitahukan kepada housekeeping mengenai kamar-kamar yang tamunya sudah check out, sehingga kamarnya dapat segera di bersihkan.
d. Memberikan guest slip agar housekeeping tahu tamu yang baru sajacheck in.
e. Memberitahukan kebutuhan tambahan untuk tamu. Misalkan, extra bed, baby box, dll.
f. Memberitahukan perpindahan tamu dari kamar yang satu ke kamar yang lain.
g. Jika terjadi laporan perbedaan penghuniaan kamar antara housekeeping dengan front office dan kasir front office maka dibuatroom discrepancy report dan diadakan pengecekkan langsung. F Oakan memeriksa kunci kamar guest slip dan registration card. Kasir akan memeriksa rekening tamu dan kartu registrasi. H K akan memeriksa langsung ke kamar tamu.
Perbedaan status kamar dapat terjadi karena hal-hal berikut :
1. Tamu telah membayar rekening tetapi barang-barang dan kopernya masih ada di kamar.
2. Tamu belum membayar rekening tetapi sudah meninggalkan kamar.
3. Tamu c/i tanpa membawa koper atau barang apapun ke kamar.
4. Kesalahan pembuatan room report oleh pihak HK
5. Tamu meninggalkan hotel tanpa menyelesaikan rekeningnya.
2. Hubungan Housekeeping dengan Binatu ( Laundry).
a. menanggani masalah pencucian pakaian tamu, pakaian karyawan, dan pencucian linen-linen yang dipakai oleh bagian HK.
b. penangganan keluhan tamu pada cucian, meliputi cucian kurang bersih, cucian bernoda, cucian hilang atau rusak, dan cucian tertukar.
c. penangganan keterlambatan pengiriman linen yang dipakai oleh HK maupun outlet lain karena listrik mat, kerusakkan mesin dll.
3. Hubungan Housekeeping dengan Bagian pembeliaan (Purchasing)
Menangani pembelian dan penyimpanan barang-barang yang dibutuhkan oleh HK. Barang tersebut meliputi alat-alat pembersih, obat pembersih, perlengkapan tamu, linen-linen untuk HK, dan alat penunjang operasional lain seperti formulir-formulir.
4. Hubungan Housekeeping dengan Bagian Engineering.
a. Perbaikkan dan pemeliharaan alat-alat terutama yang menyangkut operasional HK.
b. Perbaikkan perlengkapan HK yang ada di kamar tamu.
5. Hubungan Housekeeping dan security
a. Pengawasan oleh pihak keamanan pada area-area HK, meliputicorridor, tempat tugas room boy dan kantor HK.
b. Keamanan barang-barang milik tamu dan keselamatan tamu.
6. Hubungan Housekeeping dengan Food & Beverage.
a. Pelayanan room service kepada tamu.
b. Pengiriman karangan buah ( fruitstand) untuk tamu VIP.
7. Hubungan Housekeeping dengan Bagian Personalia.
a. Pengadaan tenaga kerja.
b. Pengangkatan pegawai.
c. Pelatihan pegawai.
d. Pemutusan hubungan kerja.
e. Cuti Karyawan.
f. Surat peringatan untuk pegawai, dan
g. Pembayaran gaji dan lembur pegawai.
Sumber:http://akomodasiperhotelan.blogspot.co.id/2012/09/housekeepingdepartemen.html
0 Response to "Pengertian, Peranan dan Tugas Tanggung Jawab Housekeeping Departement"
Posting Komentar