Food and beverage department adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang tidak tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta profesional.
Food and beverage department merupakan departemen yang sangat mutlak diperlukan di hotel dalam penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman dalam menjalankan tugasnya food and beverage department terbagi menjadi dua
bagian yang saling bergantung satu sama lain dan harus saling bekerjasama.Food and beverage department merupakan departemen yang sangat mutlak diperlukan di hotel dalam penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman dalam menjalankan tugasnya food and beverage department terbagi menjadi dua
2 (dua) bagian tersebut adalah:
1. Food and beverage bagian depan (front service)
Yaitu bagian yang langsung berhubungan dengan tamu, terdiri dari bar, restoran, banquet dan room service.
2. Food and beverage bagian belakang (back service)
Yaitu bagian yang tidak langsung berhubungan dengan tamu karena harus melalui perantara pramusaji, terdiri dari kitchen, stewarding.
Tujuan departemen food and beverage menurut Soekarno dan Pendit (1998:5) adalah:
1. Menjual makanan dan minuman sebanyak-banyaknya dengan harga yang sesuai.
2. Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada tamu sehingga tamu merasa puas. Hal ini menyangkut mutu pelayanan mutu makanan dan minuman, sikap karyawan, dekorasi ruangan serta suasana sekitar, peralatan yang dipakai dan sanitasinya.
3. Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dan untuk kesinambungan usaha.
Di bawah ini contoh struktur organisasi food and beverage.
Jika dilihat dari struktur organisasi diatas bahwa bagian ini, dipimpin oleh Food & Beverage Director Yang Bantu Oleh Chef De Cuisine Dan Assistant Food & Beverage Manager dan jajarannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh hotel. Berikut ini adalah uraian tugas dan tanggungjawab setiap posisi dibagian makanan dan minuman.
1. Food & Beverage Director
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Menetapkan menu, sistem penyajian, strategi penjualan, mengarahkan pelaksanaan serta menilai keberhasilan
- Melakukan analisa tentang pesaing
- Menyusun anggaran FB Production kitchen, F&B service dan Stewarding
- Merumuskan kebijaksanaan pengendalian biaya operasional
- Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung
- Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan pelanggan
- Menyelenggarakan briefing di dalam departemen
- Mengusulkan kepada atasan, tentang penyesuaian prosedur dan kebijakan di lingkungan food & beverage department jika diperlukan
2. Assistant Food & Beverage Manager
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan antar kitchen, F& B service dan stewarding
- Menyusun rencana kerja dan menilai pelaksanaanya
- Mengawasi jadual operasional bawahannya
- Memonitor hasil inventaris fisik di bagian kitchen, F&B service dan stewarding
- Memonitor pelaksanaan store room requisition
- Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan
- Melaksanakan kelancaran operasional berbagai kegiatan yang ada kaitan kerja dengan food & beverage department
- Mengkoordinasikan penyiapan dan mengawasi kelancaran acara event/function
- Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung dan melaporkan kepada atasan
- Menjalin hubungan dengan rekan dan tamu
- Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan pelanggan
- Memberi arahan dan petunjuk kepada bawahan .
3. Restaurant & Bar Manager
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Mengkoordinasi kegiatan operasi di outlet food & beverage service
- Mengkoordinasi persiapan dan mengawasi kelancaran penyelenggaraan function/event
- Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
- Menjalin dan membina hubungan dengan tamu
- Membantu untuk membuat laporan monthly report F&B sales
- Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan
- Mengani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung dan melaporkan kepada atasan
- Menangani dan memonitor suatu perubahan dan penyimpangan dalam kegiatan operasional
- Memonitor dan mengawasi personal hygiene, grooming and sanitasi
- Menangani dan mengawasi langsung pelayanan tamu VIP
- Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat
- Menyelenggarakan briefing harian.
4. Head Waiter
Uraian tugas dan tangungjawabnya:
Uraian tugas dan tangungjawabnya:
- Mengawasi penyimpangan penggunaan par stock
- Memeriksa kelengkapan dan ketepatan dari “mise en place”
- Meneliti ketepatan daily sales report
- Mengarahkan dan mengawasi kelancaran pelayanan di restoran
- Menangani keluhan tamu
- Mengatur pembagian “station”
- Memeriksa personel hygiene, grooming dan sanitasi
- Mendampingi sous chef dalam penataan buffet
- Menangani langsung pelayanan tamu VIP (Very important Person)
- Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan clear up
- Membantu kelancaran pelaksanan inventaris pisik
- Memeriksa kelengkapan, ketepatan pengadaan”store room requisition”
- Menjalin hubungan baik dengan tamu
- Membuat jadual kerja bawahan
- Mengawasi disiplin bawahan
- Menangani permasalahan tamu
- Melakukan penilaian kerja bawahan
- Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat .
5. Assistant (Head Waiter Captain)
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Membantu head waiter melaksanakan tugasnya
- Melengkapi kelengkapan, ketepatan dari mise en place
- Membuat daily sales report
- Melengkapi penyimpanan dan penggunaan par stock
- Mengawasi dan membantu kelancaran ketepatan pelaksanaan pelayanan penjualan dan penyajian makanan dan minuman
- Membuat repair dan maintanance order
- Menangani langsung pelayanan tamu VIP
- Mengatasi keluhan tamu
- Mengawasi dan mengarahkan kelancaran pelayanan bawahan
- Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
- Menjalin hubungan baik dengan tamu
- Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat
6. Waiter/ Waitress
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Mempersiapkan kelengkapan tehnis pelayanan
- Melaksanakan persiapan set up-mise en place
- Melakukan pelayanan langsung kepada tamu
- Mengambil pesanan/order tamu dari captain untuk diteruskan kepada kitchen
- Melaksanakan penyajian hidangan kepada tamu
- Melaksanakan clear up dari meja tamu
- Mempersiapkan dan mengambil kebutuhan linen napkin, wares, supplies
- Mengumpulkan dan mengantarkan soiled linen dan dirty dishes ke laundry/stewarding
- Melakukan penyiapan table set up dan clear up
- Melaksanakan dan mengikuti perintah captain dalam menjalankan tugas-tugasnya
- Melakukan pembersihan area kerja
- Menjalin hubungan dengan tamu
- Menghadiri briefing harian
7. Chief Bartender
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Mengawasi penyimpanan, penggunaan bar stock
- Melengkapi kelengkapan, ketepatan dari mise en place
- Membuat daily sales report
- Mengawasi kelancaran, ketepatan pelaksanaan mixing drinks, penyajian, penjualan dan pelayanan 385
- Menyusun standard portion, standard receipt, standard beverage cost bersama dengan F&B cost control
- Mengarahkan, mengawasi kelancaran pelayanan
- Mengatasi keluhan tamu
- Mengatur pembagian “station” serta mengawasi pelaksanannya
- Memeriksa personel hygiene, grooming dan sanitasi
- Menangani langsung pelayanan tamu VIP
- Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
- Memeriksa kelengkapan, ketepatan pengadaan”store room requisition”
- Membuat repair dan maintanace order
- Mengawasi disiplin bawahan
- Menangani permasalahan tamu
- Melakukan penilaian kerja bawahan
- Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat
8. Room Service Order Taker
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:
- Menangani penerimaan, pencatatan room service order dan menyampaikan kepada room service captain
- Menyarankan dan membantu tamu dalam pemilihan menu
- Memelihara suasana kerja yang sehat
- Menghadiri briefing head waiter
Kesehatan Kerja
Manajemen Hotel harus menjaga kesehatan semua karyawan dan tamunya, dengan tercapainya system operasional Hotel yang menjunjung tinggi kesehatan kerja maka biaya yang tidak perlu bias ditekan dan tidak
dikeluarkan.
dikeluarkan.
Para tamu Hotel akan sangat senang untuk tinggal di Hotel yang mempunyai tingkat kesehatan lingkungan yang tinggi, Hotel tersebut akan menjadi pilihan utama untuk kunjungan selanjutnya.
Pemeriksaan Kesehatan:.
Pemeriksaan Kesehatan:.
Untuk itu semua karyawan Hotel bagian makanan dan minuman harus secara teratur mengikuti pengecekan kesehatan setiap 6 bulan sekali. Biasanya untuk pemeriksaan kesehatan yang lazim dilakukan bagi karyawan bagian makanan dan minuman adalah Rectal Swab Test.
Kebersihan dan Keselamatan Kerja
Kebersihan dan keselamatan kerja harus selalu diperhatikan oleh setiap karyawan dibagian food & beverage, kebersihan dan keselamatan kerja yang dilakukan di bagian pelayanan makanan dan minuman yaitu:
- Memperlakukan barang pecah belah. Memeriksa kekurangan barang pecah belah, piring gelas dan alat makan dan minum dari perak sebelum dan sesudah digunakan, buang segera gelas atau piring cangkir keramik yang pecah. Pisahkan barang-barang dari perak dan kaca setelah digunakan, jika sebuah gelas pecah, pindahkan gelas dengan hati-hati dan pastikan tidak ada pecahannya yang tercecer
- Melaksanakan pelayanan. Pada saat memberikan pelayanan setiap prosedur harus dilaksanakan dengan benar, hal yang dilakukan seperti pindahkan cangkir-cangkir dari meja ketika mengisi cangkir dengan air panas, jangan mengisi nampan berlebihan dan tidak diperbolehkan membawa nampan melewati atas kepala tamu yang sedang duduk dimeja dan selalu memberitahu mereka tentang kehadiran anda, pada saat membuka anggur jauhkan dari tamu agar tidak terkena gabus penutup botol.
- Gelas dan piring Pisahkan gelas dan piring yang pecah ketika memilih, gunakan trolley untuk memindahkannya. Ketika menggunakan rak, periksa bahwa bagian tepi yang dapat diatur. Pastikan dalam keadaan aman sebelum menempatkan makanan dalam nampanMenjaga penampilan pribadi. Gunakan pakaian seragam secara lengkap, baik dan benar, seperti menggunakan sepatu bertumit rendah, perhiasan yang disesuaikan dengan kebijakan hotel, baju yang sesuai dengan ukuran, serta rambut pendek atau panjang tetapi menggunakan hairnet, kesemua hal tersebut perlu dilakukan agar anda dapat bekerja dengan nyaman,
- Mengurangi resiko. Melaporkan kepada atasan apabila menemukan karpet yang longgar, penempatan tanda keselamatan yang tidak sesuai, pemisahan sambungan kabel listrik dan semua yang akan menyebabkan resiko tersandung dan jatuh.
( kiri) Karpet yang Longgar, ( kanan) Tanda Keselamatan yang Tidak Benar |
4 Maret 2022 pukul 11.09
How to deposit & withdraw from casino.com - DrmCD
If you want 당진 출장마사지 to 정읍 출장마사지 find a way to 울산광역 출장안마 withdraw money from casinos, it's important to find the online 성남 출장샵 casino sites that accept 김천 출장샵 PayPal and PayPal.